Karyawan PT MOS Desa Pangke Barat Gelar Aksi Protes Soal Keterlambatan Pembayaran Gaji

KARIMUN (Batamraya.com) – Telah terjadi aksi protes disertai pengerusakkan secara spontanitas diakibatkan permasalahan keterlambatan pembayaran gaji karyawan di main office PT. MOS Desa Pangke Barat Kec. Meral Kab. Karimun, Kamis (12/1/2017) pukul 08.30 Wib.

Sekitar pkl 08.45 wib personil pengamanan dari Polres Karimun tiba di PT. MOS dan langsung mengendalikan situasi dengan pengendalian massa disertai dengan himbauan – himbauan kamtibmas pada saat itu sedang terjadi pengerusakkan terhadap bangunan kantor PT. MOS.

WhatsApp Image 2017-01-12 at 8.11.27 PM

Menurut salah satu karwan yang ikut aksi protes mengungkapkan permasalahannya yaitu gaji yang seharusnya dibayarkan tanggal 10 Januari 2017. Permasalahan keributan tersebut sudah dapat diselesaikan, keterlambatan pembayaran gaji tsb dikarenakan bendahara perusahaan baru kembali dari kota Medan pd tgl 11 Januari 2017 setelah menghadiri acara kedukaan, namun pembayaran gaji belum bisa dilaksanakan pd tgl 11 Januari 2017 dikarenakan masih dalam proses perubahan sistem pembayaran gaji dari manual ke otomatis (sistem pay roll / transfer ke rekening), dan mengenai rencana keterlambatan pembayaran gaji tsb sudah diumumkan sebelumnya oleh HRD PT. MOS sdr. Nasrul pada tgl 10 Januari, tgl 11 Januari 2017, dan pd tgl 12 Januari 2017 di pagi harinya bahwa pembayaran gaji akan dilaksanakan pada sore hari pkl 15.00 wib.

Kapolres Karimun AKBP Armaini,SIK, menghubungi Dirut PT. MOS sdr. Hartono untuk memastikan pembayaran gaji karyawan akan dituntaskan hari ini dimulai pada pkl 15.00 wib, dengan teknis pembayaran bagi yang sudah memiliki rekening akan dibayarkan secara pay rol otomatis masuk ke rekening dan bagi yang belum memiliki rekening akan dibayarkan secara tunai.

WhatsApp Image 2017-01-12 at 8.11.09 PM

Akibat keributan tersebut pihak PT. MOS mengalami kerugian rusaknya kantor (sebagian besar kaca kantor dan meubelair rusak). Adapun jumlah karyawan PT. MOS yang menuntut pembayaran gaji sejumlah sekitar 1400 orang dari total sekitar 1900 karyawan.

Kegiatan aksi protes secara spontanitas tsb diamankan oleh 150 anggota kepolisian dengan rincian 120 dari Polres Karimun dan 30 orang dari Subden IV Pelopor Sat Brimobda Polda Kepri Tanjung Balai Karimun, serta dibantu 6 orang pesonil dari KODIM 0317 Kab. Karimun.

Sekira pukul 11.30 wib, dilaksanakan pertemuan di main office PT. MOS untuk membahas permasalahan yang terjadi agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Hadir pada pertemuan tersebut, Kapolres Karimun AKBP Armaini, SIK, Wakapolres Karimun Kompol Harry Andreas, SIK, Danramil Tebing dan Meral Barat Kapten Inf. F. Handono Putro, HRD PT. MOS Nasrul, Kadisnaker Kab. Karimun Azmi Yuliansyah, pengawas Disnaker Propinsi Mujarab, Kabag Ops Polres Karimun Kompol Isa Imam Sahroni, SIK, Kasat Intelkam Polres Karimun AKP Daeng  Riandika, SIK, Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Dwi Hatnoko SIK dan Kasat Binmas Polres Karimun AKP. Hadi Sucipto.

WhatsApp Image 2017-01-12 at 8.11.40 PM

Kegiatan pembayaran gaji berakhir pada pkl 18.00 wib, situasi aman terkendali. Selanjutnya personil Polres Karimun sejumlah 20 personil dibawah kendali Kanit Turjawali Sat Sabhara Polres Karimun IPDA Ade Andini, STK standby di PT. MOS utk melakukan giat pengamanan sampai besok pagi pkl 08.00 wib.

No Response

Leave a reply "Karyawan PT MOS Desa Pangke Barat Gelar Aksi Protes Soal Keterlambatan Pembayaran Gaji"