Kapolres Karimun Adakan Focus Group Discussion (FGD) Bersama Masyarakat Cegah Radikaliesme dan Terorisme

KARIMUN (Batamraya.com) – Dalam rangka menangkal paham Radikalisme dan Terorisme, Kapolres Karimun AKBP Agus fajaruddin, S.I.K beserta Waka Polres Karimun KOMPOL Harry Andreas S.I.K, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Res Karimun mengadakan Focus Group Discussion(FGD) dengan melibatkan Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Para Ketua Paguyuban se-Kabupaten Karimun bertempat di Rupatama Polres Karimun.

Hadir sebagai narasumber Kepala Kementrian agama Kabupaten Karimun. H.Afrizal, S.Ag, Perwakilan dari MUI Kab. Karimun Drs. Rasyid Nur, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Karimun yang mengisi Focus Group Discussion(FGD) jumat (9/6) pukul 17.00 wib.

WhatsApp Image 2017-06-10 at 6.13.08 AM

Pada kesempatan tersebut Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin, S.I.K menyampaikan dalam kata sambutannya “Melihat situasi yang akhir-akhir ini  Kelompok ISIS telah masuk ke wilayah Filiphina dan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kerawanan bagi negara indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Karimun. Dengan adaya Focus Group Discussion(FGD) ini diharapkan seluruh element mayarakat dapat menjaga kesatuan dan persatuan dalam hal saling mengingatkan dan  peduli terhadap lingkungan sekitar. Jika menemukan orang-orang yg dicurigai agar segera menyampaikan kepada pihak kepolisian,”Jelasnya.

Dengan menyusung Tema “Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di wilayah Kabupaten Karimun, para narasumber memberikan pandanganya terkait paham Radikalisme yang mempunyai ciri-ciri Intoleran yaitu menganggap dirinya paling benar dan Fanatik yaitu saling membenarkan pandangannya sendiri tanpa memiliki sandaran teori yang lain.

WhatsApp Image 2017-06-10 at 6.11.33 AM

“Sebagai antisipasi masuknya ajaran radikal hendaknya para ulama menyampaikan ajaran agama yg benar. Tim kami juga telah melakukan pengawalan ke lembaga pendidikan dengan memeriksa buku ataupun kitab yang digunakan di lembaga pendidikan atau pesantren. Untuk mendukung hal tersebut tim telah membentuk 80 orang penyuluh Agama di Kabupaten Karimun ditambah para Mubaligh untuk menyampaikan pemahaman yang sesuai dengan Agama yang benar,” Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kemenag Kab.Karimun H. Aprizal sebagai narasumber.

Selain itu Ketua MUI Kab. Karimun Sdr. Rasyid Nur juga menyampaikan  agar masyarkat muslim kabupaten Karimun turut menudukung kegiatan aparatur kepolisian untuk menangkal radikalisme.

WhatsApp Image 2017-06-10 at 6.08.58 AM

Apresiasi dari masyarakat Kabupaten Karimun kepada  Kapolres Karimun juga disampaikan oleh para narasumber dalam Focus Group Discussion(FGD) atas program kerja yg dilakukan yakni Polisi Cinta Masjid, Jumat keliling serta Patroli Rutin terhadap penyakit masyarakat sehingga dapat meminimalisir giat anak muda berbuat pelanggaran. sehingga sampai saat ini situasi Kamtibmas masih dalam keadaan aman dan kondusif dan belum ada paham radikal yang masuk kewilayah kabupaten  Karimun.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab yang diajukan dari perwakilan tamu undangan, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama dan Sholat Magrib berjamah.

No Response

Leave a reply "Kapolres Karimun Adakan Focus Group Discussion (FGD) Bersama Masyarakat Cegah Radikaliesme dan Terorisme"