Kapolres Bintan Pimpin Pemadaman Kebakaran di Kawasan Pusat Pemerintahan Bintan

pemadaman karhutla

Batamraya.com, Bintan – Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan pusat pemerintahan Kab. Bintan, Desa Bintan Buyu Kec. Teluk Bintan pada hari Jumat (15/03/2019) sekitar pukul 15.30 Wib.

Adapun upaya penanggulangan telah dilakukan oleh UPT Damkar Kab. Bintan bersama dengan Polres Bintan dengan mengerahkan satu unit Rantis AWC untuk memadamkan api agar tidak merambat lebih luas membakar lahan lainnya.

Dengan sigap Rantis AWC Polres Bintan bersama UPT Damkar Kab. Bintan memadamkan kobaran api di hutan kawasan pusat pemerintahan Kab. Bintan dan secara kebetulan lokasi kejadian berada tidak jauh dari Mapolres Bintan.

Adapun akibat kebakaran ini teridentifikasi kerugian mencapai luas ± 5 Ha yang merupakan lahan milik Pemkab Bintan seluas ± 3 Ha sementara sisanya ± 2 Ha merupakan lahan milik masyarakat an. Sdr. Dejede.

Keesokan harinya pasca kejadian, Sabtu (16/03/2019) sisa kebakaran yang belum sempat padam seluruhnya ditambah lagi dengan kondisi cuaca memasuki musim kemarau dan kuatnya hembusan angin mengakibatkan terjadi kebakaran susulan dilokasi yang sama.

Pada kesempatan tersebut tampak Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK memimpin upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan nozzle yang menyemprotkan air dari mobil UPT. Damkar serta dibantu kendaraan taktis AWC Polres Bintan.

“Api akhirnya berhasil dipadamkan berkat adanya kerja sama unsur terkait dan warga masyarakat,” tutur Kapolres Bintan.

Lanjutnya, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, wilayah Kab. Bintan saat ini sedang memasuki musim kemarau yang cukup panjang, sehingga banyak pepohonan yang mati dan mengering, kondisi ini mudah sekali untuk terbakar dan merambat luas.

“Karena itu kita semua yang berdomisili di Kab. Bintan untuk selalu dapat menjaga lingkungan di musim kemarau yang  berkepanjangan seperti sekarang ini, karena potensi kebakaran sangat besar,” pungkasnya.

No Response

Leave a reply "Kapolres Bintan Pimpin Pemadaman Kebakaran di Kawasan Pusat Pemerintahan Bintan"