Kadinkes Batam: Kampung Seraya Jadi Klaster Terbesar Persebaran Corona di Batam

positif covid

BATAM, BATAMRAYA.COM – Kampung Seraya, Batu Ampar menjadi klaster terbesar penyebaran virus Corona di Kota Batam. Sejauh ini, ada 25 warga kampung itu yang dinyatakan positif Covid-19.

Sejak sepekan lalu, jumlah warga Kampung Seraya yang terpapar Corona terus bertambah. Dari proses penelusuran kontak dekat (tracing) pasien positif Covid-19, ada 9 warga kampung tersebut yang terkonfirmasi positif Corona.  Dengan tambahan ini, total warga Kampung Seraya yang menjadi pasien Covid-19 berjumlah 25 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan upaya tracing masih tetap dilakukan di Kampung Seraya. Hasilnya ada 38 orang yang menunjukkan reaktif saat pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Dan satu orang dari Sekupang, malam ini mereka langsung dibawa ke Rusun Tanjunguncang untuk menjalani masa karantina,” ujar Didi, Rabu (27/5/2020).

Sementara itu, Wali Kota Batam, HM Rudi mengakui bahwa lonjakan pasien positif Covid-19 di Batam yang signifikan tidak terlepas dari upaya tracing tersebut.

“Pasien positif bertambah banyak, saya yang buat, karena adanya tracing, jadi bisa diperoleh mana orang yang sakit, mana yang pernah kontak dengan pasien positif sebelumnya,” ujar Rudi di Engku Putri.

Rudi mengklaim upaya tracing ini hanya dilakukan di Kota Batam saja, daerah lain tidak ada yang melakukan hal tersebut. Sehingga menurutnya hal yang wajar jika ada lonjakan pasien positif.

“DKI Jakarta saja tidak lakukan itu (tracing), hanya Batam satu-satunya,” kata dia.

Sehingga, selama masa transisi ke new normal di Batam, Rudi menekankan tetap akan melakukan upaya penyisiran. New Normal sendiri akan dilaksanakan di Batam pada tanggal 15 Juni 2020.

“Ke depan kita akan hidup berdampingan dengan Covid-19, tapi jangan sampai Covid-19 yang mengatur hidup kita,” pesannya.

Sumber: Batamnews

No Response

Leave a reply "Kadinkes Batam: Kampung Seraya Jadi Klaster Terbesar Persebaran Corona di Batam"