Jelang Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Natuna Laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Operasi Lilin Seligi 2020

WhatsApp Image 2020-12-21 at 12.16.52

NATUNA, BATAMRAYA.COM – Dalam rangka persiapan pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Natuna pada Senin (21/12/2020) menggelar apel dalam rangka operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2020. Sementara, untuk wilayah Polda Kepri dan Polres jajarannya dengan sandi Operasi Lilin Seligi 2020.

Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Natuna Bpk. Hendra Kusuma, SH. dan dihadiri FKPD Natuna.

Apel Gelar Pasukan bertujuan untuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Amanat Kapolri dibacakan oleh Sekda Kabupaten Natuna Bpk. Hendra Kusuma, SH. yang intinya menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif. Selain itu, bertindak yang tepat, efektif, dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

Beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi dan terakhir tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

WhatsApp Image 2020-12-21 at 12.16.47

Wakapolres Natuna Kompol Wisnu Edhi Sadono, SH juga menyampaikan bahwa Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran COVID-19.

Hadir dalam kegiatan tersebut WakaPolres Natuna Kompol Wisnu Edhi Sadono, S.H, Kabag Ops Polres Natuna Kompol Hendrianto SH,MH, Dandim 0318/Natuna diwakili Danramil 01 Ranai Mayor Inf Narta. , DandemPom AL Mayor PM Deni Iqbal, PJU Polres Natuna, DandenPom AU Kapten PM Rendra Fungky, Kasi Kom Satrad 212 Ranai mewakili Dansatrad 212 Kapten Seprian, Ka Basarnas Kab. Natuna Bpk. Mexianus Bekabel, S.Sos, Kadis Damkar Bpk. Syawal.

No Response

Leave a reply "Jelang Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Natuna Laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Operasi Lilin Seligi 2020"