Jamaah Tabligh Asal India Positif Covid-19, Sempat Tinggal di Masjid Kawasan Sekupang

positif covid

BATAM, BATAMRAYA.COM – Tambahan kasus Covid-19 di Kota Batam, tak hanya dari seorang guru, namun juga Riau berasal dari warga negara asing (WNA) asal India yang merupakan anggota jamaah tabligh.

Walikota Batam, HM Rudi memaparkan rekam jejak pria berinisial SAA berusia 56 tahun yang dinyatakan sebagai kasus nomor 32 di Batam.

SAA diketahui tiba di Batam melalui Pelabuhan Batam Centre pada tanggal 2 Maret 2020 dari Singapura. Selama di Batam, dia menetap bersama jama’ah tabligh lainggu di salah satu masjid di Sei Harapan.

Pada tanggal 12 April 2020 pasien nomor 32 ini dirawat di salah satu RS swasta di kawasan Lubuk Baja sehubungan dengan gangguan infeksi pada kaki kanannya akibat penyakit gula yang dideritanya.

Setelah dilakukan tindakan debridement dan perawatan diperbolehkan pulang pada tanggal 15 April 2020, namun sebelumnya terlebih dahulu telah dilakukan RDT dengan hasil non-reaktif.

“Tetapi tanggal 29 April 2020, pasien ini dibawa ke UGD RSUD Embung Fatimah karena kondisi badannya lemah, karena sejak beberapa hari sebelumnya tidak mau makan bahkan obat-obatan yang diberikan dari RS tempat dirawat sebelumnya tidak diminum,” kata Rudi.

Hasil pemeriksaan laboratorium kadar gula darahnya ternyata tidak terkontrol selanjutnya yang bersangkutan dirawat di bangsal biasa untuk pasien penyakit dalam, dan dilakukan RDT dengan hasil reaktif.

Berdasarkan hasil RDT tersebut pada keesokan harinya tanggal 30 April 2020 perawatan yang bersangkutan dipindahkan ke ruang isolasi Tun Sundari dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada tanggal 03 Mei 2020 dengan terkonfirmasi positif.

“Saat ini tim survelans sedang terus melakukan proses contact tracing terhadap semua orang yang ditengarai berkontak dengan kasus tersebut,” katanya.

No Response

Leave a reply "Jamaah Tabligh Asal India Positif Covid-19, Sempat Tinggal di Masjid Kawasan Sekupang"