Jajaran Polda Kepri Peringati HUT Kepolisian Perairan dan Udara Ke-67

BATAM (Batamraya.com) – Jajaran Polda Kepri melaksanakan Upacara dalam rangka peringatan HUT Kepolisian perairan dan udara (Polairud) ke-67 hari ini, Selasa (5/12/2017) di lapangan hijau Mapolda Kepri.

Upacara dipimpin oleh Inspektur Upacara Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Didid Widjanardi, SH dan dihadiri Wakapolda Kepri, Irwasda polda kepri, Para pejabat utama polda kepri, Para kapolres/ta jajaran polda kepri dan Serta Peserta Upacara.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut, Kapolda Kepri membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

WhatsApp Image 2017-12-05 at 9.27.09 AM

“Selamat hari ulang tahun ke-67 kepolisian perairan dan udara, semoga peringatan ini menjadi momentum dalam mewujudkan korpolairud yang semakin profesional, modern, dan terpercaya, sebagaimana tema yang diusung yakni “korpolairud siap mewujudkan polri yang promoter guna mendukung suksesnya pengamanan pilkada 2018”. Ucap Kapolda Kepri.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korpolairud yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang positif dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sepanjang tahun 2017, seperti penegakan hukum pada wilayah perairan dimana polri berhasil menindak sekurangnya 812 kasus dan menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp. 89.587.995.000,-. Korpolairud juga berhasil dalam melakukan penegakan hukum khusus destructive fishing menggunakan bahan peledak sebanyak 84 kasus.

“Pada bidang pembinaan masyarakat, satuan ini telah melaksanakan berbagi kegiatan tatap muka dengan masyarakat, penyuluhan tentang keamanan dan keselamatan pelayaran, serta sambang nusa ke pulau-pulau terluar berpenghuni. Termasuk pula kontribusi dalam kegiatan bantuan sar pada berbagai wilayah di indonesia.” Imbuhnya.

WhatsApp Image 2017-12-05 at 9.29.28 AM

Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini yaitu “Korpolairud siap mewujudkan Polri yang promoter guna mendukung suksesnya pengamanan pilkada 2018.” merupakan manifestasi dan representasi dari pandangan, pemikiran serta tekad Ditpolair polda kepri untuk menyiapkan diri dan menjalankan tugas mengamankan dan memelihara keamanan dan ketertiban seluruh rangkaian kegiatan pemilu 2018 mendatang.

Polri terus melakukan penguatan sarana prasarana bagi kepentingan operasional diwilayah udara dan perairan. Kekuatan armada patroli laut ditpolair saat ini berjumlah 1.016 unit, sedangkan kekuatan pesawat udara ditpoludara saat ini berjumlah 58 unit, terdiri atas 10 unit pesawat terbang dan 48 unit helicopter, dimana 2 helicopter secara resmi memperkuat ditpoludara mulai hari ini bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-67 korpolairud.

Polairud juga telah membuat dan melaksanakan program pencegahan pencurian di kapal di 11 anchorage area yang rawan terhadap pencurian di kapal, sea piracy maupun armed robbery. Program ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak luar negeri karena polairud telah peduli terhadap keamanan dan keselamatan kapal dan pelaut asing yang berada di perairan teritorial indonesia.

WhatsApp Image 2017-12-05 at 9.27.39 AM

“Kegiatan sinergi dan kerjasama juga terus menerus dilakukan baik dengan institusi luar negeri maupun dengan kementerian dan lembaga di Indonesia seperti Bakamla, Bank Indonesia, TNI AL, KKP, Biro klasifikasi Indonesia, kementerian perhubungan, perusahaan penerbangan dan sebagainya.” Jelasnya.

Kapolri berharap, korpolairud dapat berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional tersebut. optimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran polairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya.

No Response

Leave a reply "Jajaran Polda Kepri Peringati HUT Kepolisian Perairan dan Udara Ke-67"