Hasil Tes Swab Istri dan Dua Anak Ketua IKSB Bengkong Dinyatakan Positif, Anak Perempuan Negatif

positif covid

BATAM, BATAMRAYA.COM –¬†Istri dan dua orang anak Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kecamatan Bengkong dinyatakan¬†diketahui tertular virus corona setelah hasil tes swab tenggorokan di RS Budi Kemuliaan pada 5 Mei 2020. Sebelumnya, Ketua IKSB Bengkong, Darwin Darwis, dinyatakan terjangkit virus corona setelah meninggal dunia.

Belum diketahui sumber penularan ke Darwin. Hingga saat ini Tim Surveilans Dan Epidemiologi Dinas Kesehatan Kota Batam saat ini tengah menyelidiki klaster yang menulari Darwin Darwis.

Sebelumnya istri Darwin Darwis, D, sempat dinyatakan negatif dari hasil rapid test yang digelar Dinas Kesehatan Kota Batam. Begitu juga dua anaknya ARS dan GRD. Rapid test digelar pada 3 Mei 2020. Termasuk ratusan orang yang sempat dites.

“Hasilnya baru diterima pada hari ini, dan dinyatakan terkonfirmasi positif,” dalam keterangan tertulis dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam hari ini, Jumat (8/5/2020).

Hingga saat ini belum diketahui klaster yang menulari Darwin Darwis termasuk keluarga. Mereka sekeluarga tinggal di kawasan Bengkong Sadai.

Pengetesan pun dilakukan terhadap satu keluarga Darwin Darwis. Satu orang anaknya yang perempuan diketahui negatif. Kemudian anaknya ARS (19) juga dinyatakan positif corona. Ia diduga kuat tertular dari ayahnya.

Selain ARS, anak Darwin berinsial GRD (15) juga positif tertular. Remaja tersebut berstatus pelajar. Sedangkan satu orang lagi anak dari Darwin berjenis kelamin perempuan dinyatakan negatif.

“Saat ini kepada yang bersangkutan sudah dilakukan perawatan di ruang isolasi Paviliun Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Kota Batam guna penanganan lebih lanjut dan sejauh ini kondisi kesehatannya cukup stabil tanpa ada gangguan kesehatan yang berarti,” dalam keterangan tersebut.

Saat ini ketiga pasien tersebut dikarantina terpusat di Rumah Susun Tanjung Uncang pada 8 Mei pukul 08.00 wib.

Saat ini Tim Survelans dan Epidemiologi terus bergerak melakukan proses contact tracing dan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terutama pada saat kegiatan takziah di rumah duka.

Dihimbau juga untuk masyarakat yang pernah kontak erat dengan yang bersangkutan dalam waktu dekat ini, agar melapor dan memeriksakan dirinya ke Puskesmas setempat sesuai dengan domisili tempat tinggal masing-masing.

Hal ini penting dilakukan agar Tim Penanggulan Covid-19 Kota Batam dapat melakukan tindakan pencegahan penularan dan penanganan korban sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Selanjutnya perlu kami ingatkan dan himbau kembali kepada seluruh Warga Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

No Response

Leave a reply "Hasil Tes Swab Istri dan Dua Anak Ketua IKSB Bengkong Dinyatakan Positif, Anak Perempuan Negatif"