Hasil Swab Negatif, 11 ABK KM Kelud Dipulangkan dari RS Covid-19 Galang

11 abk kapal

BATAM, BATAMRAYA.COM – Sebanyak 11 orang anak buah kapal (ABK) KM Kelud dipulangkan dari RS Darurat Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab mereka menunjukkan hasil negatif. Mereka sebelumnya menjalani karantina selama 14 hari di lokasi tersebut.

Kepala RS Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kolonel Khairul Ihsan mengatakan, 11 orang yang dipulangkan ini selain menunjukkan pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) menunjukkan negatif. Kondisi kesehatan mereka juga tidak ada masalah.

“Mereka semua sudah sembuh, tidak ada gejala klinis buruk,” ujar Ihsan, Selasa (28/4/2020).

Kendati demikian, para ABK tersebut tetap diminta untuk melakukan physical distancing dan menggunakan masker.

Sementara itu, 29 ABK yang sebelumnya terkonfirmasi positif beberapa diantaranya sudah ada yang menunjukkan hasil negatif. Mereka masih menjalani isolasi di RSKI tersebut.

“Harus dua kali diswab ulang dengan hasil negatif berturut-turut baru bisa dipulangkan,” kata Ihsan.

Kepala Cabang PT Pelni Cabang Batam, Agus Suprijatno mengatakan 11 ABK yang dipulangkan sementara waktu akan ditempatkan di salah satu hotel di Batam, sembari menunggu arahan dari Pelni pusat.

“Sesuai arahan nanti, apakah mereka dinaikkan ke kapal nantinya,” ujar Agus pada kesempatan yang sama.

Sebelumnya diberitakan 40 ABK KM Kelud menunjukkan hasil reaktif dari rapid test, hal ini karena salah satu dari ABK tersebut menunjukkan gejala Covid-19.

Setelah itu mereka kemudian ditempatkan di RSKI Galang untuk karantina, dan secara keseluruhan mereka menjalani pemeriksaan swab dengan PCR. sebanyak 29 ABK akhirnya dinyatakan positif beberapa waktu lalu.

Artikel asli : https://www.batamnews.co.id/berita-62023-dinyatakan-negatif-11-abk-km-kelud-di-rs-galang-segera-dipulangkan.html

No Response

Leave a reply "Hasil Swab Negatif, 11 ABK KM Kelud Dipulangkan dari RS Covid-19 Galang"