Gugus Tugas Covid-19 Batam Gencar Sidak Sejumlah Masjid, Sayangkan Masih Jumpai Warga Bandel Taraweh di Masjid

masjid bengkong

BATAM, BATAMRAYA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Batam gencar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah masjid khususnya di wilayah Bengkong, Sabtu (9/5/2020) malam.

Di kecamatan yang kini statusnya zona merah Covid-19 ini, masih dijumpai banyak warga tidak patuhi imbauan pemerintah.

Sabtu malam, tim yang dikoordinatori Yumasnur itu masih mendapati jemaah yang salat tarawih secara berjemaah di masjid. Bahkan, saat ditemui, sejumlah jemaah ngotot tetap ingin mendirikan salat di masjid, tidak di rumah saja.

“Ini kita jumpai di Masjid Miftahul Jannah Bengkong Indah,” ujar Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Bengkong, Yumasnur.

Ia mengungkapkan, tim yang turun sempat berdebat panjang dengan pengurus RT dan RW serta jemaah yang terkesan ngotot tetap melaksanakan salat tarawih di wilayah mereka.

“Karena perdebatan panjang ini, tadi malam kita hanya melakukan sidak di tiga titik saja,” ujarnya.

Masjid lain yang sempat didatangi tim yang terdiri dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Perempuan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kecamatan Bengkong serta unsur TNI dan Polri ini juga sempat mendapati masjid dengan jumlah jemaah yang banyak.

“Masjid yang kedua, jemaah cukup banyak, dan sudah mendirikan salat Isya. Tim berhasil masuk ke dalam masjid untuk memberikan pengertian dan edukasi kepada seluruh jemaah dan berhasil dibubarkan,” ujarnya.

Namun, pada masjid ketiga, tim menemukan jemaah sedang salat tarawih. Setelah punya kesempatan masuk, tim menyampaikan imbauan. Jemaah pun memahami dan berjanji mulai hari ini akan melaksanakan salat di rumah.

“Kita bukan melarang kegiatan keagamaan. Tapi kita mengajak jemaah untuk meminimalisir risiko terjangkit Covid-19,” ujarnya.

No Response

Leave a reply "Gugus Tugas Covid-19 Batam Gencar Sidak Sejumlah Masjid, Sayangkan Masih Jumpai Warga Bandel Taraweh di Masjid"