Gubernur Kepri: Pelabuhan Pelantar I dan II Akan Jadi Salah Satu Penggerak Roda Ekonomi Wilayah

TANJUNGPINANG (Batamraya.com) – Pemerintah Provinsi Kepri menargetkan pembangunan Pelabuhan Pelantar I dan II di Tanjungpinang rampung akhir 2018.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, “Jika pelabuhan itu selesai digarap, pelabuhan tersebut akan menjadi salah satu pengerak roda ekonomi Provinsi Kepri dikarenakan mobilitas barang akan semakin lancar, mengingat wilayah Kepri 96 persen merupakan lautan.” Ujarnya saat melakukan peninjauan, Selasa (22/5/2018).

arahan-nurdin

Ia menyebutkan tujuan pembangunan 2 dermaga ini adalah agar kapal besar, seperti Pelni dan Kargo bisa bersandar di sana.

Pelantar I dan II nantinya memiliki panjang 400 Meter dengan lebar 6 Meter. Sedangkan kedalaman air laut dalam kondisi surut masih berkisar 3,5 Meter.

“Nanti setelah dermaga pelabuhan di Pelantar I dan II selesai, kapal sebesar Bukit Raya dan Perintis bisa berlabuh menurunkan penumpang,” kata Nurdin.

Dalam peninjauan tersebut, Nurdin juga meninta kepada Kadis Perhubungan Jamhur Ismail dan Kadis PU Abu Bakar untuk memperhatikan tata letak parkiran agar tidak terjadi kemacetan seperti sebelum-sebelumnya.

Selain pelabuhan yang akan dikembangkan nantinya juga terdapat gudang-gudang penyimpanan barang di dekat pelabuhan agar tidak lagi para penyortir barang menempatkan barang di ruko-ruko terdekat. Pemerintah akan menyediakan tempat penyimpanan tersebut.

“Selama pengerjaan pengembangan pelabuhan ini, 4 bulan ke depan arus lalu lintas pengerjaan pemindahan barang akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Unggat,” kata Jamhur menambahkan. (gokli/ev)

No Response

Leave a reply "Gubernur Kepri: Pelabuhan Pelantar I dan II Akan Jadi Salah Satu Penggerak Roda Ekonomi Wilayah"