Gonggong Seafood Makanan Khas yang Sederhana dan Unik Di Batam

gonggong 1

BATAM (batamraya.com) – Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

 

Batam sangat terkenal dengan Seafoodnya, apalagi dengan yang namanya Gonggong. Jenis siput disini yang terkenal menjadi menu seafood di Batam  adalah Siput laut atau lebih dikenal dengan nama Gonggong. Gonggong adalah menu kuliner yang terkenal dan sangat sederhana.

gonggong 211255078_469904169824556_446714691_n

Siput gonggong memiliki rasa unik yang agak mirip dengan cumi dan teksturnya kenyal. Untuk memakannya harus dengan cara mengorek daging keluar dari cangkang dengan menggunakan tusuk gigi. Cara mengoreknya pun tidak boleh sembarangan karena bisa membuat daging terkoyak putus dan sisanya terbenam di dalam cangkang tanpa bisa di korek lagi dagignya. Arah mengorek harus mengikuti alur cangkang agar daging siput keluar dengan lancar.

Kemudian setelah diambil daging gonggongnya boleh di cocolkan pada sambal yang disediakan untuk mendapatkan rasa yang pedas atau pada kecap agar manis.

Hampir semua restoran seafood di Batam pasti menyediakan menu seafood gonggong. Tidak di Batam saja, tapi daerah lain seperti Tanjungpinang dan Pulau Bintan menyediakan menu siput gonggong. Makanan ini begitu sedap dan langka sehingga siapapun yang berkunjung ke Batam pasti menyempatkan diri menyicipinya. Penggemar kuliner sederhana ini tak lagi hanya sebatas penduduk setempat, namun hingga ke seluruh Indonesia. (Ev)

 

No Response

Leave a reply "Gonggong Seafood Makanan Khas yang Sederhana dan Unik Di Batam"