Gencar Antrean Solar di Batam Panjang, Diduga Disalahgunakan

antri solar

Batamraya.com, Batam – Antrean panjang berbagai jenis kendaraan untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di sejumlah SPBU di Batam masih berlanjut hingga, Selasa (12/3/2019). Seperti terlihat di beberapa SPBU di kawasan Batam Center, Batuampar hingga Batuaji.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR l, M Roby Hervindo mengungkap bahwa tingginya permintaan yang menyebabkan antrean panjang kendaraan yang akan mengisi solar di Batam.

”Antrean panjang itu bukan berarti langka, tapi akibat meningkatnya konsumsi solar itu sendiri,” ujar Roby.

Lanjutnya, meningkatnya pengguna solar disebabkan penyaluran solar ke Batam juga meningkat. Peningkatan konsumsi solar terjadi sejak awal Januari dan masih berlangsung hingga sekarang.

”Rata-rata penyaluran solar dari Januari-Maret 2019 sebesar 312.000 liter per hari. Meningkat 112,7 persen dibanding Januari-Maret 2018,” sebut Roby.

Dijelaskannya, PT Pertamina menyalurkan solar sesuai kebutuhan masyarakat. Hal itu dikarenakan solar termasuk ke dalam jenis BBM tertentu yang penyalurannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Roby menduga, meningkatnya penggunaan solar di Batam ditengarai adanya penyalahgunaan. Untuk itu, ia minta kepada Pemerintah Daerah (Pemko Batam) dan aparat kepolisian ikut melakukan pengawasan. Ia juga meminta kepada Sales Executif Retail agar SPBU-SPBU menjual sesuai dengan ketentuan dari Pertamina.

Katanya, apabila ada SPBU yang kedapatan “bermain” solar akan diberikan sanksi tegas seperti menghentikan pasokan BBM. Sementara untuk pengecer tak bisa beri sanksi. “Karena itu minta bantuan Pemda dan polisi,” pungkasnya.

No Response

Leave a reply "Gencar Antrean Solar di Batam Panjang, Diduga Disalahgunakan"