Eks Kepala BP Batam JB Sumarlin Tutup Usia

jb sumarlin

BATAM, BATAMRAYA.COM – Kabar duka datang dari dunia ekonomi Nasional. Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Johannes Baptista Sumarlin tutup usia pada Kamis, 6 Februari 2020.

Almarhum dikabarkan meninggal pukul 14.15 wib di RS Carolus, Jakarta. Rencananya, jenazah almarhum bakal dibawa ke rumah duka MRCC Siloam, Semanggi.

Semasa hidup, JB Sumarlin dikenal sebagai tokoh ekonomi nasional yang tak hanya banyak berperan dalam perekonomian RI tapi juga sering dipercaya mengemban sejumlah jabatan penting di pemerintahan.

Lahir 7 Desember 1932 di Nglegok, Blitar, Sumarlin adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958.

Selain itu, di Provinsi Kepulauan Riau sendiri, JB Sumarlin juga pernah mengomandoi Otorita Batam (kini BP Batam) setelah masa kepemimpinan Ibnu Sutowo. Kala itu ia sebagai Menteri Penertiban Aparatur Pembangunan pada 1976 ditunjuk presiden untuk membenahi pembangunan yang kurang optimal.

J.B Sumarlin juga merupakan orang dibalik suksesnya pembangunan awal proyek Batam. Ia mengambil langkah untuk meneruskan yang sudah ada, dengan prioritas utama membangun transhipment facility, infrastruktur: baik jalan, ketersediaan air bersih, dan inftrastruktur lainnya.

Proses pembangunan Batam berlangsung mulus di tangan JB Sumarlin, yang mana pendanaannya menggunakan APBN pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Adapun pada masa JB Sumarlin ini rumusan Pulau Batam dilakukan, industri, pusat perniagaan, daerah akumulasi, pariwisata, pengembangan daerah industri. Setelah itu dalam perkembangannya, Presiden Soeharto menugaskan BJ Habibie untuk membangun Batam sesuai harapan dan cita-citanya.

Pada tahun 1978, JB Sumarlin diberhentikan dengan Keputusan Presiden Repupblik Indonesia no 194/M Tahun 1978 tanggal 29 Agustus 1978 sekaligus mengangkat Prof. Dr. Ing. BJ Habibie sebagai Ketua Otorita Pembangunan Daerah Industri Pulau Batam selanjutnya.

No Response

Leave a reply "Eks Kepala BP Batam JB Sumarlin Tutup Usia"