Dua Pasien Sembuh dari Covid-19 Dinyatakan Positif Kembali, Kenapa?

covid

BATAM, BATAMRAYA.COM – Lagi-lagi pasien yang sebelumnya dinyatakan sembuh dari Covid19 di Batam kembali dinyatakan positif. Seperti yang terjadi dengan MPS, pria 31 tahun itu dinyatakan positif setelah memeriksakan kesehatannya. Hal itu diketahui saat ia perlu surat sehat untuk melakukan perjalanan ke Medan dengan pesawat.

MPS sebelumnya merupakan pasien Kasus 02 di Batam yang dulunya terkonfirmasi positif. Saat itu, Ia diduga tertular ketika melakukan perjalanan ke Paris, Malaysia dan kembali ke Batam via Singapura .

Ia dinyatakan sembuh 28 April 2020 lalu. Sempat juga melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari setelahnya.

Namun, MPS yang asal Medan hendak kembali ke kampung halamannya. Ia pun melakukan rapid test di RS Awal Bros Batam, untuk memperoleh surat sehat sebagai syarat untuk penerbangan.

Namun saat rapid test hasilnya reaktif. Ketika dilakukan tes swab hasilnya positif. Dengan demikian MPS kembali dicatat oleh tim gugus tugas. Kali ini ia dicatat sebagai Kasus 179.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengimbau agar pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan jaga jarak. “Karena bisa saja tertular kembali, yang pasti tetap menggunakan alat pelindung diri juga,” ujar Didi.

Didi tidak menjelaskan lebih jauh terkait kemungkinan MPS tertular dari transmisi lain atau memang virus Covid-19 ditubuhnya aktif kembali.

Sebelum kasus MPS ini, kasus reinfeksi Covid19 juga terjadi kepada Pasien 23 yang sebelumnya juga dinyatakan sembuh. Ia seorang pria berusia 52 tahun, pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas I Batam.

Sebelumnya pria itu dinyatakan sembuh pada 21 April 2020, dan menjalani karantina mandiri di rumah.

Berdasarkan hal tersebut terhitung mulai tanggal 6 Mei 2020 yang bersangkutan telah kembali beraktifitas seperti biasa di kantornya di kawasan Batu Ampar Kota Batam.

Karena yang bersangkutan ingin melakukan perjalanan dinas ke Tanjung Balai Karimun, pada tanggal 9 Juni 2020 Ia melakukan pemeriksaan RDT di kantornya. Mengejutkannya, hasil yang diperoleh reaktif, hingga akhirnya ia melanjutkan melakukan tes swab hasilnya positif.

Sumber: Batamnews

No Response

Leave a reply "Dua Pasien Sembuh dari Covid-19 Dinyatakan Positif Kembali, Kenapa?"