Coffee Morning Polda Kepri, TNI-POLRI Menjaga Kesatuan Wilayah

BATAM (Batamraya.com) – Polda Kepri mengadakan acara Coffee Morning di gedung Lancang Kuning Polda Kepri Senin (8/5/2017) pagi pukul (10.00 Wib).

WhatsApp Image 2017-05-08 at 2.01.29 PM

Polda Kepri mengundang para pimpinan TNI-Polri untuk bersama-sama menyatukan persepsi terkait upaya pencegahan dan penanganan penyebaran radikalisme, intoleransi dan anti pancasila yang terjadi di tanah air.

Dalam amanat Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs. Sam, Budigusdian, MH, Munculnya beberapa kejadian yang “terkesan” intoleran dan gerakan-gerakan radikal di beberapa belahan nusantara, sedikit mengganggu ketenteraman, serta citra indonesia di mata dunia internasional. Membuat situasi kondisi indonesia umumnya saat ini kurang kondusif yang disebabkan oleh beberapa kelompok orang/organisasi yang mulai mengganggu stabilitas keamanan negara baik melalui serangan terorisme (ISIS) maupun dengan menggunakan isu SARA sebagai senjata utama dalam memperebutkan kekuasaan politik dan sarana untuk memecah belah bangsa Indonesia.

WhatsApp Image 2017-05-08 at 2.01.32 PM

“Kondisi-kondisi yang demikianlah yang mulai dimanfaatkan oleh orang/kelompok tertentu yang memiliki pandangan untuk membangun kekhilafahan dengan paham agama sebagai dasarnya melalui jalur terorisme dan jalur kelompok agama garis keras terhadap kelompok agama lainnya yang tidak sepaham (intoleran). Mereka tidak memandang sejarah bangsa indonesia yang terbentuk dalam ikatan dasar negara yaitu Pancasila.”  Ucap Kapolda Kepri.

Provinsi Kepri-pun tidak luput dari serangan-serangan yang demikian, baik melalui serangan terorisme oleh simpatisan ISIS (hard attack) maupun melalui jalur penyebaran paham yang radikal untuk intoleransi terhadap orang/kelompok tertentu (soft attack) dalam rangka menimbulkan kegaduhan situasi keamanan ketertiban dan masyarakat di Kepri.

WhatsApp Image 2017-05-08 at 2.02.43 PM

 

Untuk menangkal radikalisme, intoleransi dan anti Pancasila, Polri telah melakukan berbagai  upaya melalui program kapolri program 1 dan 4 quickwins dan Program 3 Promoter.

Melalui program tersebut Polri berupaya mensinergikan fungsi-fungsi terkait di internal polri dan instansi terkait diluar polri untuk mencegah penyebaran paham radikal, intoleransi dan anti pancasila. Kegiatan yang dilakukan adalah tindakan preventif, persuasif dan Represif.

Kapolda Kepri berharap akan diperoleh kesepahaman dan langkah strategis ke depan dalam pencegahan radikalisme, intoleransi dan anti pancasila guna menjaga ke Bhineka tunggal ika-an dan keutuhan NKRI serta meningkatkan solidaritas Polri-TNI, karena kondisi kondusif ini dapat tercapai berkat hasil kerja keras masyarakat, Polri dan TNI. (Ev)

No Response

Leave a reply "Coffee Morning Polda Kepri, TNI-POLRI Menjaga Kesatuan Wilayah"