Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polda Kepri Lakukan Simulasi Bersama Manggala Akni

latpraops simulasi karhutla1

BATAM, Batamraya.com – Telah berlangsung kegiatan Pelatihan Pra Operasi sekaligus Simulasi dalam menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gedung Lancang Kuning, Jumat (23/8/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubag Binlatops Kompol Hariyono, S.H., Kasubag Pullah Jiantah Kompol Afdal, S.H., Ismail Hasibuan selaku Kadaops Batam, Ali Sarwan Edy selaku Instruktur, para personil Polda Kepri, dan personil Manggala Agni.

Dalam penyampaian Bapak Ali Sarwan Edy bahwa kegiatan pelatihan tersebut guna mencegah terjadinya Karhutla sebagaimana faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan bisa terjadi karena ulah tangan manusia itu sendiri, 90% terjadinya kebakaran hutan itu terjadi oleh ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertangung jawab.

“Kalau hutan di Indonesia habis terbakar kita tidak akan dapat lagi menghirup udara. Contohnya apabila kita menebang pohon sama seperti kita membunuh 4 orang. Itu baru satu pohon saja, bayangkan kalau pohon-pohon di Indonesia habis terbakar,” ujarnya menerangkan.

latpraops simulasi karhutla2

Pada kesempatan tersebut juga dipraktikkan langsung simulasi Karhutla oleh personil Manggala Agni dengan menggunakan sarana dan prasarana karhutla bertempat di Lapangan Tembak Mapolda Kepri.

No Response

Leave a reply "Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polda Kepri Lakukan Simulasi Bersama Manggala Akni"