Besok, Masjid Agung Batam Center Gelar Shalat Jumat

masjid raya btm center

BATAM, BATAMRAYA.COM – Masjid Agung Batam Centre akan kembali menggelar shalat jumat berjemaah pada Jumat (28/5/2020). Sebelumnya, aktivitas ibadah berjemaah sempat ditutup dalam rangka pencegahan Covid-19 selama ini.

Ketua Pengurus Masjid Agung Batam Centre, Firmansyah mengatakan, saat ini Masjid Agung tengah bersiap kembali menyambut jemaah shalat Jumat.

Ada delapan petugas yang akan dikerahkan untuk pemeriksaan suhu jamaah, dengan masing-masing membawa alat pengukur suhu tubuh.

“Delapan petugas akan akan ditugaskan, empat di pintu masuk yang dekat Graha Pena, dua dari arah engku puteri, satu bertugas di tangga dan satu lagi mobile,” kata Firmansyah saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Saf jemaah juga akan diberi jarak, satu setengah meter antar jamaah. Begitupun di tempat wudhu juga akan dijarak setiap satu kran air.

Firman juga mengaku saat ini terus membriefing petugas agar bisa mengatur jemaah agar tidak berpindah-pindah tempat duduk.

“Kita menyiapkan tempat-tempat lain juga, karena kapasitas kita yang 4.000 setelah kita hitung dengan pengaturan baru hanya bisa menampung 800 jamaah saja. Tapi nanti kalau jamaah masih berdatangan, kita akan pergunakan lapangan,” ujar Firmansyah.

Masjid juga tidak akan menggelar karpet untuk mencegah mengendapnya virus di karpet. Jemaah diminta membawa sajadah tapi disarankan untuk pemakaian pribadi tidak boleh berbagai atau bergantian dengan jamaah lain.

Masjid juga akan mematikan penggunaan AC dan digantikan dengan 12 unit kipas angin. Khutbah untuk shalat jumat di tengah pandemi juga akan diberikan singkat, hanya untuk memenuhi rukun-rukun shalat jumat saja.

“Setelah selesai shalat diharapkan kembali beraktivitas ke tempat masing-masing. Langsung bubar tidak berkumpul, karena selesai shalat jumat, masjid akan kami bersihkan kembali agar aman digunakan untuk shalat ashar,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang akan melaksanakan shalat jumat berjamaah di masjid Agung Batam Center juga diwajibkan menggunakan masker.

Sumber: Batamnews

No Response

Leave a reply "Besok, Masjid Agung Batam Center Gelar Shalat Jumat"