Bersama Sukseskan Pemilu Pileg dan Pilpres

download (5)

Batamraya.com –  Bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019 yang tahapannya tengah berlangsung saat ini. Dalam pemilihan umum tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pemilihan Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.

Pemilihan Presiden Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024  Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019 berhak dan dapat mengajukan pencalonan kembali untuk pemilihan umum 2019. Presiden Joko Widodo akan didampingi Profesor Doktor KH Ma’ruf Amin. Sedangkan Prabowo Subianto calon presiden periode 2019-2024 akan didampingi Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Pemilihan legislatif terdiri dari Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota terdapat 14 partai yang telah memenuhi syarat administrasi dan verifikasi faktual secara nasional. Adapun 14 partai politik  yang telah ditetapkan sebagai peserta pemilu mendatang diantaranya :

  1. Partai Kebangkitan Bangsa
  2. Partai Gerindra
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
  4. Partai Golkar
  5. Partai Nasdem
  6. Partai Garuda
  7. Partai Berkarya
  8. Partai Keadilan Sejahtera
  9. Partai Perindo
  10. Partai Persatuan Pembangunan
  11. Partai Solidaritas Indonesia
  12. Partai Amanat Nasional
  13. Partai Hanura
  14. Partai Demokrat

Pada tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019 peserta Pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh Peserta Pemilu akan melaksanakan kegiatan Kampanye dengan menawarkan visi, misi, program, dan/atau citra diri Peserta Pemilu dengan tujuan untuk meyakinkan Pemilih. Kampanye akan diselenggarakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta Pemilu mempunyai hak, kesempatan, dan perlakuan yang adil dan setara dalam Kampanye.

Prinsip penyelenggaraan kampanye

  1. Partisipasi masyarakat dalam hal pendidikan politik yang dimaksud untuk mengingatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.
  2. Pendidikan politik masayarakat yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab
  3. prinsip kampanye dengan jujur, terbuka dan dialogis
No Response

Leave a reply "Bersama Sukseskan Pemilu Pileg dan Pilpres"