Benahi Diri Menyongsong Momentum Politik Indonesia

download

Batamraya.com – Momentum demokrasi yang kita hadapi seyogianya bukan prosedural belaka, namun kehilangan makna substantifnya. Persoalan kesiapan berdemokrasi kita dalam banyak dimensi masihlah semrawut, terutama tata kelola institusionalnya, baik penyelenggaranya maupun institusi partainya.

Semua harus berbenah diri untuk menyongsong momentum politik ini. Komitmen etika politik institusionalnya juga perlu terbangun baik dan kuat agar kita tidak mengalami kegagalan eksperimentasi demokrasi sebagaimana masa lalu Indonesia era 1950-an.

Potensi konflik horizontal akan terbuka lebar jika isu SARA mengemuka dalam momentum politik ini. Padahal, sesungguhnya momentum ini haruslah dimanfaatkan untuk kontestasi program yang kualitatif sekaligus sebagai pendidikan dan penguatan civil society Indonesia.

Sayangnya, proses rekrutmen yang tidak transparan institusi partai politik dalam pilkada juga menjadi tanda tanya akan kesiapan kita menjemput momentum politik ini secara arif dan transparan. Rakyat sebagai konstituen seharusnya tidak dipersempit perspektifnya sehingga hanya terjebak pada kepentingan pragmatis sesaat atau jangka pendek elite politik semata.

Demokrasi yang menjadi cita-cita juga adalah bagian dari pergeseran kekuatan global di mana fenomena radikalisme dan sentimen identitas menguat di seantero dunia saat ini. Sesuatu yang juga patut kita waspadai pada momentum politik 2018-2019 ini.

No Response

Leave a reply "Benahi Diri Menyongsong Momentum Politik Indonesia"