AWAS! Ini 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari pada Malam Hari, Dapat Merusak Kualitas Tidur

makanan

BATAM, BATAMRAYA.COM – Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan penurunan fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi rendah hingga imun yang melemah.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi tidur seseorang, mulai dari stres hingga makanan. Simak 5 jenis makanan yang bisa merusak kualitas tidur Anda.

1. Makanan Tinggi Lemak

Merangkum dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan makanan tinggi lemak cenderung mengalami peningkatan berat badan dan terganggu siklus tidurnya.

Hal ini karena makanan berat akan mengaktifkan siklus pencernaan yang menyebabkan rasa ingin buang air di malam hari.

Makanan seperti steak atau makanan cepat saji sebaiknya dihindari. Pasalnya, lemak tinggi pada makanan tersebut akan merangsang produksi asam di lambung yang dapat naik ke kerongkonan dan menyebabkan mulas.

Selain itu, pola makan tinggi lemak dan tinggi protein juga dikaitkan dengan gangguan tidur sleep apnea.

2. Kafein

Bukan rahasia lagi, kafein adalah obat antikantuk yang efektif.

Melansir dari Health.com, kafein merupakan stimulan saraf pusat. Konsumsi kafein dapat membuat Anda terjaga di malam hari.

Banyak orang mengira, kafein hanya terkandung dalam kopi saja. Faktanya, banyak kafein tersembunyi di berbagai jenis makanan. Seperti cokelat hitam, minuman berenergi, soda, hingga teh.

Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi sumber kafein antara 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

3. Alkohol

Bukan rahasia jika alkohol tidak baik untuk tubuh manusia. Salah satunya bagaimana alkohol mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Ya, meskipun alkohol bisa membuat Anda tertidur lebih cepat tapi kualitas tidur akan terganggu. Anda akan terbangun dengan gelisah, keringat di malam hari, sakit kepala, bahkan mimpi buruk.

Untuk itu, ada baiknya untuk menghindari konsumsi alkohol 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

4. Makanan Pedas

Sama seperti makanan berlemak, konsumsi makanan pedas juga memiliki efek buruk bagi siklus tidur Anda.

Hal tersebut dikarenakan tidur dengan perut penuh tentu membuat tidak nyaman. Ini karena sistem pencernaan melambat saat tidur. Selain itu, makanan pedas akan menyebabkan rasa mulas di waktu tidur Anda.

Merangkum dari Huffington Post, studi menemukan bahwa makan makanan pedas sebelum tidur tidak hanya mengurangi waktu tidur seseorang, tetapi juga meningkatkan suhu inti tubuh, yang telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk.

5. Brokoli dan kembang kol

Konsumsi sayuran perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Salah satunya jauh sebelum waktu tidur.

Beberapa makanan berserat tinggi seperti brokoli dan kembang kol merupakan makanan yang dicerna lambat. Ini membuat konsumsi makanan berserat tinggi di malam hari akan mengganggu siklus tubuh yang berakibat akan sulit bagi kita untuk memejamkan mata.

Sumber: Tribunnews

No Response

Leave a reply "AWAS! Ini 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari pada Malam Hari, Dapat Merusak Kualitas Tidur"