Aquaplaning : Faktor Ancaman Keselamatan Pengemudi Saat Hujan Deras

aquaplanning

Batamraya.com – Berhati-hatilah bagi para pengemudi di jalan raya yang tetap menegemudi dibawah derasnya hujan, karena aquaplaning menfacam keselamatan jiwa oara pengemudi.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto menjelaskan tentang apakah iitu Aquaplaning. Aquaplaning adalah sebuah kondisi dimana mobil saat pengemudi menginajak genangan air, kemudian tapak ban tidak menyentuh aspal lagi, tetapi justru memebuat seolah melayang dipermukaan air.

Hal itu bisa terjadi ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, dan kondisi ban yang sudah tua dan hujan yang lebat hingga menimbulkan gennagan air.

“Saat melaju dengan kecepatan tinggi di bawah derasnya hujan, ban yang menabrak air maka air yang terkumpul menyebabkan adanya gelombang di depan ban. Ingat, hukum alam tentang air mengatakan semakin cepat menghantam air maka air akan jadi semakin keras,” jelasnya.

Ban pun seperti menginjak atau mendaki ke atas kepermukaan air. Mobil yang yang tidak bisa dikendalikan sama sekali. Meski setir dibelokkan mobil akan tetap tidak terkontrol.

Kapolda Kepri berbagi tips cara untuk menghindari kondisi tersebut. Pertama, jangan membawa mobil dengan kecepatan tinggi saat hujan deras atau lebat.

Kedua, jaga kodisi ban, dan yang ketiga, atur tekanan ban sehingga bisa menambah daya cengkeraman serta yang terakhir adalah tetap selalu waspada dalam berkendara karena ingat keluraga anda menunggu anda dirumah.

No Response

Leave a reply "Aquaplaning : Faktor Ancaman Keselamatan Pengemudi Saat Hujan Deras"