Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Seligi 2021

BATAM, BATAMRAYA.COM – Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M. Hum pimpin gelar pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Seligi 2021, yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 15 november 2021 sampai dengan tanggal 28 november 2021. Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Kota Batam dan Personil Polda Kepri. Senin (15/11/2021).

Membacakan sambutan Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M. Hum mengatakan ″Gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Kepri dalam melaksanaan kegiatan Operasi Zebra Seligi 2021, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan yg diharapkan. Untuk diketahui bersama, jumlah pelanggaran lalu lintas selama Operasi Zebra Seligi 2020 sebanyak 2.031 pelanggaran, menurun -64% dari tahun 2019 dengan jumlah tilang sebanyak 77 lembar dan teguran sejumlah 1.945. Teguran didominasi oleh pelanggaran helm sni, melawan arus dan pengemudi di bawah usia.

″Pada pelaksanaan Operasi Zebra Seligi 2021 kali ini, yang menjadi target Operasi adalah Memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya Kamseltibcarlantas pada jalur arteri dan tempat wisata, Memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas, Sedangkan sasaran operasi adalah Segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi Cluster penyebaran covid-19, Masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, Masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, Lokasi yang rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan″. Ungkap Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M. Hum.

Selanjutnya Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M. Hum menekankan kepada seluruh anggota agar dipedomani dalam pelaksanaan tugas :

1. Jaga kesehatan, jiwa dan raga kita agar selalu prima dalam setiap pelaksanaan tugas.

2. Utamakan keselamatan dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

3. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tunjukkan bahwa saudara adalah Polisi Lalu Lintas Profesional.

4. Dalam hal pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan POM TNI karena kehadiran dan keberadaan unsur POM TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi, sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

5. Kenali psikologis masyarakat, lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas di jalan.

6. Melaksanakan penegakan hukum secara persuasif, tarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan.

7. Hindari kegiatan Kontra Produktif yang dapat menurunkan Citra Polri.

8. Selalu ingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu melaksanakan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas).

Selanjutnya Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si mengatakan ″Operasi Zebra Seligi 2021 mengangkat tema Melalui Operasi Zebra – 2021 *″Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas Yang Mantap Serta Pencegahan Penyebaran Covid – 19 Dengan Meningkatkan Disiplin Masyarakat Dalam Mengunakan Protokol Kesehatan″* dengan tujuan Operasi menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas″.

″Sasaran Operasi meliputi segala bentuk Potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi dapat sebabkan pelanggaran, macet dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid – 19 dan sebanyak 307 Personil Polda Kepri dan Polres jajaran dilibatkan dalam Operasi ini yang terbagi dalam Satgas Lidik, Satgas Preemtif, Satgas Preventif dan Satgas Banops″. Tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.

No Response

Leave a reply "Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Seligi 2021"