Antisipasi Teroris, Sat Brimob Polda Kepri Gelar Latihan GAG di Laut dan Hutan

BATAM (Batamraya.com) – Wilayah Kepulauan Riau yang sangat luas dengan karakteristik kepulauan berpotensi dijadikan sarang persembunyian teroris dan hal ini sudah pernah terbukti dengan adanya penangkapan teroris di wilayah Batam oleh Densus 88. Sebagai salah satu unsur kekuatan Polri di Provinsi Kepulauan Riau, Sat Brimob Polda Kepri dituntut untuk selalu siap tempur menghadapi segala kemungkinan tersebut. Oleh karena itu peningkatan kemampuan dan profesionalisme personel Brimob adalah hal mutlak untuk menjawab tantangan tugas ke depan, dan salah satunya diwujudkan melalui latihan Gerilya Anti Gerilya (GAG) yang telah dilaksanakan selama 3 hari di laut dan hutan Pulau Rempang dan Galang.

img-20161020-wa0013

Latihan ini secara resmi dibuka oleh Kasat Brimob Polda Kepri Kombes Pol Tory Kristianto, SIK. pada hari Senin, (17/10/2016) di lapangan upacara Mako Satuan Brimob Polda Kepri. Instruktur untuk pelatihan ini adalah personil Sat Brimob Polda Kepri yang sudah mempunyai kualifikasi instruktur, sedangkan untuk materi latihan meliputi tehnik dan taktik pengejaran dan penyerbuan musuh melalui manuver darat dan laut.

img-20161020-wa0016

Sebanyak 68 personil peserta latihan dalam ikatan Kompi Pelopor yang mengikuti kegiatan ini mengawali latihan dari Mako Den A Pelopor dengan melaksanakan manuver darat selama 2 jam perjalanan setelah mendapat perintah operasi dari Kaden A Pelopor AKBP Irawan Banuaji, SIK., M.Si selaku Komando Operasi Latihan, untuk melakukan pengintaian dan pengamatan serta pengejaran musuh. Hingga akhirnya pasukan berhasil mengendus posisi musuh dan langsung bermanuver mengepung dan merebut pelabuhan Sembulang yang merupakan pos terdepan dari kelompok Teroris.

img-20161020-wa0015

Markas musuh berhasil direbut namun sisa kelompok melarikan diri melalui jalur laut, Pasukan Pelopor Brimob pun lanjut memburu hingga melakukan pendaratan di pantai Villa Aci Galang, yang diteruskan dengan pengejaran di dalam hutan guna menghancurkan basis serta pos-pos pantau musuh di sepanjang 6 bukit terpisah Pulau Galang, hingga akhirnya diketahui kedudukan markas teroris di Bukit 6 tempat pelarian terakhir dari sisa kelompok teroris. Setelah selama semalam melakukan pemetaan dan penggambaran markas musuh beserta medan di sekelilingnya.

img-20161020-wa0014

Keesokan harinya, tepat pukul 05.00 wib Pasukan Pelopor melakukan serangan fajar dan menggempur pertahanan musuh hingga akhirnya berhasil menumpas dan merebut markas teroris di Bukit 6 yang berada pada ketinggian 270 mdpl dan memiliki kondisi karakteristik perbukitan terjal dan curam. Dengan demikian berakhirlah pengejaran dan penyerbuan markas teroris selama 3 hari 2 malam, dan latihan pun berakhir serta ditutup pada hari Rabu 19 Oktober 2016 di Hutan Dapur Tiga Galang.

Pelaksanaan kegiatan latihan ini bertujuan untuk mendukung Program Kapolri yakni menjadi Polisi Indonesia yang Profesional, Modern, dan Terpercaya. Melalui kegiatan ini pula Satuan Brimob Polda Kepri berupaya untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuan personilnya sebagai wujud kesiapan terhadap tantangan tugas yang semakin kompleks dimanapun dan kapanpun, dengan motto “Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan”.

No Response

Leave a reply "Antisipasi Teroris, Sat Brimob Polda Kepri Gelar Latihan GAG di Laut dan Hutan"