Al-Azhar, Pusat Peradaban Dunia dan Wasathiyyat Islam

BATANG (Batamraya.com) –  Al-Azhar merupakan nama lembaga pendidikan yang dikenal diseluruh penjuru dunia. Sudah lebih dari 1000 tahun umur Al-Azhar, didirikan pada saat itu tanggal 7 Ramadhan 361 H.

Dalam memperingati hari lahirnya Al-Azhar 7 Ramadhan yang lalu, Grand Syaikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad At-Thoyyib, dalam sambutan ketika menyampaikan bahwa Al-Azhar sejak dahulu didirikan sampai saat ini dan seterusnya akan menjadi pusat/benteng wasathiyyat Islam dan penyebaran nilai-nilai agama Islam.

WhatsApp Image 2018-05-24 at 10.08.47

“Sampai saat ini dan seterusnya akan menjadi pusat/benteng wasathiyyat Islam dan penyebaran nilai-nilai agama Islam.” Ujarnya.

Dijelaskannya, Cikal bakal “Pesantren Al-Azhar” dan Universitas Al-Azhar didirikan di Cairo pada 7 Ramadhan 361 H bertepatan dengan 21 Juni 972 M.

“Jika dihitung kalender hijriyah, maka saat ini umur Al-Azhar memasuki 1078 tahun, jika menggunakan kalender masehi maka umur Al-Azhar 1046 tahun.” jelasnya.

Imam Besar Al-Azhar Syaikh At-Thoyyib menegaskan bahwa di Al Azharlah diajarkan ilmu fiqih 4 madzhab, yang membuka cakrawala dan cara berfikir menghormati pendapatnya dan pendapat orang lain.

“Al-Azhar akan terus menjadi pusat peradaban bagi dunia.” pungkasnya.

Sumber: Anizar Masyhadi (Pimpinan Pondok Modern Tazakka Batang-Jawa Tengah)

No Response

Leave a reply "Al-Azhar, Pusat Peradaban Dunia dan Wasathiyyat Islam"